Bocah 4 Tahun di Karanganyar Meninggal Akibat DBD

Minggu, 01 Februari 2015 - 21:32 WIB
Bocah 4 Tahun di Karanganyar Meninggal Akibat DBD
Bocah 4 Tahun di Karanganyar Meninggal Akibat DBD
A A A
KARANGANYAR - Seorang anak umur 4 tahun di Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dilaporkan meninggal akibat penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan P3L Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar Fatkhul Munir mengatakan, selama Januari 2015 tercatat ada 40 kasus DBD yang tersebar di 25 desa yang endemis DBD.

25 desa itu berada di Kecamatan Colomadu, Gondangrejo, Tasikmadu, Karanganyar Kota, Kebakkramat, dan Jaten. Dari 40 kasus, 10 di antaranya terjadi di Kecamatan Gondangrejo.

"Anak yang meninggal dunia juga berada di Gondangrejo," kata Fatkhul Munir, Minggu (1/2/2015).

Anak itu tidak tertolong karena berobatnya berpindah-pindah. Sakit panas yang dialami dikira hanya panas biasa. Ketika panas kembali muncul, kemudian diperiksakan ke layanan kesehatan lainnya. Setelah diketahui terkena DBD, penanganannya telah terlambat.

Camat Gondangrejo Bambang Tri Hastaryo mengatakan, wilayahnya didominasi perbukitan. Karena itu cukup sulit memantau genangan yang menjadi penyebab berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti.

Meski demikian, upaya pencegahan tetap dilakukan dengan membersihkan lingkungan dan mencegah genangan air. "Aparat desa telah kami kumpulkan agar memberikan pengarahan ke masyarakat," tandas Bambang.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5961 seconds (0.1#10.140)